zondag 11 maart 2018

Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Secara Alami

Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Secara Alami -
Kulit gatal atau pruritus merupakan kondisi yang betul-betul awam terjadi. Tapi sekiranya terjadi dalam waktu lama dan diiringi gejala lain, keadaan hal yang demikian bisa menjadi indikasi penyakit yang lebih serius seperti gangguan ginjal.

Gatal bisa terasa pada zona tertentu atau seluruh tubuh. Kulit kemerahan atau ruam yakni gejala yang tak jarang mengiringi rasa gatal. Pada umumnya situasi ini dapat reda dengan sendirinya, atau hilang setelah ditangani dengan obat-obatan bebas. Tapi ada kalanya, gatal tak kunjung reda dan berisiko menjadi gejala permulaan adanya kondisi yang lebih serius. Baca juga seputar: Cara Menyembuhkan Eksim Kulit

Faktor di Balik Gatal
Mengenali penyebab gatal penting untuk mempertimbangkan langkah penanganan. Selain gigitan serangga yang menjadi penyebab gatal paling umum, ada banyak hal lain yang dapat menjadi pemicu gatal, merupakan:
Penyakit atau keadaan kulit tertentu, seperti eksim, kudis, psoriasis, folikulitis, prurigo. Rasa gatal umumnya timbul pada zona kulit tertentu seperti iritasi kulit, kulit merah, sampai bintik merah.

Kulit kering (xerosis) bisa diduga menjadi penyebab rasa gatal. Keadaan ini biasanya teridentifikasi bila tidak ada bintik merah atau perubahan lain yang menonjol pada permukaan kulit. Kulit kering biasanya disebabkan oleh keadaan lingkungan, seperti udara dengan kelembapan rendah, terlalu lama mandi atau mencuci, serta terus-menerus berada di dalam ruangan ber-AC. Baca juga tentang: Cara Mengobati Radang Kulit

Gangguan saraf, seperti sklerosis multipel, diabetes, syaraf terjepit, serta herpes zoster.

Penyakit dalam seperti hepatitis, sirosis, penyakit celiac, anemia defisiensi besi, gagal ginjal, gangguan tiroid, leukemia, dan limfoma.

Respons alergi dan iritasi terhadap bahan-bahan pakaian, seperti pakaian yang terbuat dari wool, benda dari karet, bahan kimia dalam sabun, kosmetik, alergi dampak makanan tertentu, biang peluh, serta alergi terhadap tanaman tertentu.

Di masa kehamilan, beberapa wanita menikmati gatal pada bagian perut, lengan, paha, dan payudara karena perubahan hormon. Sebagian keadaan sulit kulit yang bisa berkembang dikala hamil antara lain:
  • Papula urtikaria pruritus dan plak yang menyebabkan ruam dan gatal pada paha dan perut bagian atas.
  • Prurigo gestationis: ruam pada lengan, kaki, dan tubuh komponen atas.
  • Kolestasis obstetrik: gangguan pada hati di masa kehamilan yang menyebabkan rasa gatal tanpa ruam.
Penyebab lain:
  • Alergi kepada obat seumpama antibiotik atau aspirin.
  • Gigitan serangga dan parasit: gigitan nyamuk, kutu rambut, sengatan lebah.
  • Infeksi seperti cacar, kurap, dan jamur.
  • Keadaan psikologis seperti depresi dan kecemasan.
  • Menopause: perubahan hormon ketika menopause bisa menyebabkan gatal-gatal.
Kiat-tips Mencegah Gatal Menetap
Menggaruk bukanlah solusi gatal. Menggaruk kulit tubuh yang gatal bisa membuatnya luka, berbekas, pun terinfeksi. Penanganan gatal yang tepat bertumpu dari faktor penyebabnya. Berikut ini sebagian panduan lazim yang bisa dicontoh:
  • Lebih baik mengusap ketimbang menggaruk area yang gatal.
  • Minimalisasi konsumsi makanan pedas, kafein, dan minuman keras yang dapat memengaruhi aliran darah dan menyebabkan gatal bertambah parah.
  • Kompres bagian yang gatal dengan kain flanel yang dibasahi air dingin.
  • Potong kuku Anda sehingga tak akan memunculkan luka sekiranya tak bisa membendung diri untuk menggaruk area yang gatal.
  • Mandi dengan air dingin dan batasi supaya waktu mandi tak lebih dari 20 menit.
  • Hindari penerapan baju dengan bahan yang bisa menambah rasa gatal, seperti wool atau baju yang terlalu ketat.
  • Oleskan losion setelah mandi untuk membuat kulit tetap lembap.
  • Gunakan sabun dengan kandungan ringan yang tak terlalu berisiko menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan sprei dengan bahan yang tidak panas dengan permukaan halus.
  • Lebih rileks dan sebisa mungkin kelola stres. Kecemasan dapat membikin gatal memburuk.
Selain metode-metode sederhana di atas, gatal karena situasi tertentu juga bisa ditangani dengan obat-obatan antihistamin dan krim steroid yang dipasarkan bebas di pasaran. Baca juga: alergi gatal gatal pada kulit

Akan namun, Anda sebaiknya seketika memeriksakan diri ke dokter apabila gatal pada kulit tidak kunjung reda setelah 2 pekan, terasa tak tertahankan, atau betul-betul mengganggu sehingga Anda tidak dapat berkonsentrasi. Keadaan ini berisiko menjadi lebih serius terutamanya jika gatal disertai gejala lain, seperti pembengkakan, kelelahan, kulit yang memerah atau malah menguning (diikuti menguningnya mata), penurunan berat badan, perubahan frekuensi membuang air kecil.

Untuk menolong memudahkan diagnosis dokter, Anda dapat menulis daftar perihal:
  • Kapan gatal mulai dirasakan.
  • Apa saja gejala yang menyertainya (sekiranya ada).
  • Daftar obat-obatan yang dikonsumsi beberapa waktu terakhir.
  • Apakah sedang menjalani pola makan tertentu.
  • Apakah bepergian ke tempat tertentu.
  • Apakah terjadi kontak dengan elemen-unsur yang berpeluang menimbulkan gatal, seperti hewan piaraan.
Jika dokter mendeteksi kemungkinan adanya penyakit yang lebih serius, Anda bisa diminta untuk menjalani tes darah untuk mengonfirmasi potensi kekurangan zat besi. Pemeriksaan lain juga mungkin dilaksanakan untuk mendeteksi kemungkinan kelainan fungsi tiroid, gangguan ginjal, serta cahaya X untuk memeriksa kelenjar limpa. Baca juga: apakah eksim bisa sembuh total

Dokter kadang meresepkan calcineurin inhibitors (penghalang kalsineurin) untuk menekan daya kerja sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi inflamasi kulit. Antidepresan bisa jadi dikasih kalau metode-cara sebelumnya tidak berhasil.

Apabila langsung diperiksa dan ditangani dengan ideal, gatal tak akan meninggalkan bekas dan justru dapat menjadi elemen yang menolong diagnosis penyakit tertentu.

Demikian ialah ulasan seputar Cara Menyembuhkan Penyakit Kulit Secara Alami yg dapat kami tuliskan untuk Anda semua. Semoga review tersebut bermanfaat & bisa menambah wawasan utk Anda semua.